Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dosen, FUAD adakan Workshop Penulisan Buku Referensi dan Monograf.

Metro, www.fuad.metrouniv.ac.id. Minggu 7 Agustus 2022. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Metro komitmen dalam mengkualitaskan produktifitas Dosen di bidang penelitian dan penulisan karya Ilmiah dengan menggelar Workshop Penulisan Buku Referensi dan Monograf di Ruang Rapat Rektorat Saifudin Zuhri pada 6 – 7 Agustus 2022.
Workshop Penulisan Buku Referensi dan Monograf diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari Dosen Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Dosen Program Studi Bimbingan dan Dosen Program Studi Bahasa dan Sastra Arab di lingkup Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Turut hadir dalam pembukaan Workshop, Rektor IAIN Metro Dr. Siti Nurjannah, M.Ag. PIA., Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Dr. Hj. Akla, M.Pd dan sejumlah pimpinan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah.
Dalam sambutannya, ketua panitia Workshop Penulisan Buku Referensi dan Monograf, Dr. Umi Yawisah, M.Hum menyatakan bahwa Workshop Penulisan Buku Referensi dan Monograf bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas dosen FUAD dalam menghasilkan karya tulis sebagai bagian dari Tri Dharma Pergruan Tinggi. Beliau mengharapkan output dari Workshop Penulisan Buku Referensi dan Monograf ini dapat menambah jumlah karya penulisan di bidang studi keilmuan masing-masing program studi.
“Salah satu kewajiban dari dosen adalah menulis untuk mengembangkan keilmuannya, sehingga meningkatkan kualitas dalam menulis merupakan kewajiban bagi seorang dosen professional”. Tegas Dr.Umi Yawisah
Rektor IAIN Metro, Dr. Siti Nurjanah, M.Ag, PIA dalam sambutannya mengingatkan peran dosen dalam kemajuan Institut Agama Islam Negeri Metro. Beliau mengharapkan semua dosen IAIN Metro dapat menghasilkan karya tulis secara konsisten sesuai dengan latar belakang keilmuannya masing-masing.
“Dosen harus membagi waktunya secara khusus untuk membuat karya tulis di sela kesibukannya mengajar dan aktifitas lainnya. Minimal dalam sehari luangkan waktu sekitar 2-3 jam untuk menulis dan membaca” terang Rektor IAIN Metro. Beliau juga menerangkan pengalaman sebagai Rektor yang memiliki intensitas yang cukup tinggi namun tetap meluangkan waktu untuk membaca dan menulis setiap harinya.
Workshop Penulisan Buku Referensi dan Monograf dilaksanakan selama dua hari yang disampaikan oleh Dr. Siti Mahmudah, M.Ag yang terbagi dalam dua pembahasan utama secara teori dan praktek. Hari pertama membahas tentang pembuatan buku rujukan dan hari kedua membahas tentang pembuatan buku monograf. (ag-fuad)